Kebakaran di Gedung Studio 1 Animasi Kyoto (Breaking NEWS | UPDATED)

NHK melaporkan pada hari Kamis bahwa kebakaran terjadi, diduga karena pembakaran, di Gedung Studio 1 Anime Kyoto Animation hari ini lewat jam 10:00 pagi JST. Polisi Prefektur Kyoto telah menangkap seorang pria yang diduga menggunakan “cairan seperti bensin” untuk menyalakan api. Departemen Pemadam Kebakaran Kota Kyoto saat ini berada di lokasi, dan setidaknya ada 30 orang yang mengalami cedera pada saat pers, dengan 10 tidak sadar.

Menurut sebuah laporan oleh surat kabar The Kyoto Shimbun, penduduk di dekatnya mendengar ledakan di lantai pertama bangunan itu. NHK juga mengutip seorang pria yang diduga mendengar ledakan di gedung itu sekitar pukul 10.30 pagi JST, setelah kebakaran terjadi di lantai dua dan tiga gedung.

Kebakaran di sebuah Perusahaan Animasi. Setidaknya 12 orang tewas.

Bangunan Studio 1 Kyoto Animation terletak di dekat Stasiun Rokujizō di Kota Uji di Kyoto. Sebagian besar produksi jalur utama studio berlangsung di dalam gedung. Perusahaan ini juga memiliki kantor pusat, gedung Studio 2, Kantor Tokyo, dan gedung Animasi DO di lokasi lain.

https://youtu.be/hy-Ds80P49s

Yoko Hatta mendirikan perusahaan sebagai Kyoto Anime Studio pada tahun 1981, dengan suaminya Hideaki Hatta sebagai presiden. Sejak itu, perusahaan ini telah mengerjakan sejumlah produksi anime terkenal, tetapi mungkin awalnya terkenal untuk The Melancholy of Haruhi Suzumiya, K-ON !, Lucky Star, dan Clannad, dan kemudian untuk karya-karya seperti Free !, Sound! Euphonium, A Silent Voice, Violet Evergarden, dan Liz and the Blue Bird.

UPDATE:
Mainichi Shimbun melaporkan bahwa, pada pukul 12:15 malam JST, ada 10 orang terluka parah (beberapa tidak sadar), 10 orang luka sedang, dan 18 orang luka ringan, dengan total 38 orang luka-luka.

Sumber: The Mainichi Shimbun (Universitas Odanaka [小田 中 大]).

UPDATE:
Mainichi Shimbun melaporkan bahwa, pada 12:17 malam JST, tersangka telah mengakui memulai api. Menurut polisi, pria itu membawa identifikasi yang menunjukkan bahwa ia berusia 40-an.

Sumber: The Mainichi Shimbun (Universitas Odanaka [小田 中 大]).

UPDATE:
Produser musik Suguru Yamaguchi, yang bekerja dengan sutradara Naoko Yamada dan Animasi Kyoto di Pasar Tamako dan anime Tamako Love Story, diposting di akun Twitter-nya pada 12:23 malam. sutradara Naoko Yamada aman. JST belum mengkonfirmasi informasi ini secara independen.

Sumber: Akun Twitter Suguru Yamaguchi.

UPDATE:
NHK melaporkan pukul 12:17 malam JST bahwa polisi telah mengkonfirmasi banyak kematian.

Sumber: Akun Twitter NHK News.

UPDATE:
Artikel ini sebelumnya menyatakan bahwa tersangka diduga menggunakan bensin, tetapi laporan berita dari sumber di bawah ini menunjukkan bahwa itu bukan “cairan seperti bensin.”
JST telah mengubah kata-kata untuk mencerminkan hal ini. JST juga menambahkan bahwa usia tersangka hanya diidentifikasi melalui ID yang dibawanya, serta penafian bahwa JST belum secara independen memverifikasi keselamatan Naoko Yamada.

Sumber: NHK, The Kyoto Shimbun, The Mainichi Shimbun (小田中大)

scroll to top